Erwin Yarnita

Dilahirkan pada 7 Agustus 1971 di Simpangan OKU Sumatera Selatan. Alumni SDN 16 Baturaja 1984, SMPN 2 Baturaja 1987 SMAN 1 Baturaja 1990, IPB D 3 Pendidikan Bio...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berhenti Belajar, Jiwa Guru Mati (161)

Berhenti Belajar, Jiwa Guru Mati (161)

Sejatinya belajar itu mulai dari kandungan sampai ke liang lahat. Demikian bunyi nasihat bijak dari pendahulu-pendahulu kita . Belajar tidak dibatasi usia, jenis kelamin, pekerjaan atau yang lainnya. Apalagi seorang guru. Ilmu pengetahuan dan teknologi demikian pesat perkembangannya. Sehingga dengan suka rela atau terpaksa kita sebagai guru, harus mau mengupgrade diri. Kalau tidak maka kita akan ketinggalan digilas kemajuan zaman.

Setelah melewati empat bulan masa pandemi Covid-19, yang tidak tahu entah kapan akan berakhir. Memasuki tahun pelajaran 2020-2021, bulan Juli ini. Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pembelajaran masih akan berlangsung secara daring. Setidaknya hingga Desember nanti, mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

Wacana Kemendikbud di atas, membuat para guru harus bersiap diri. Meninggalkan zona nyaman untuk berburu ilmu. Ilmu yang akan menunjang suksesnya pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bersyukur sekarang ini banyak sekali lembaga yang menawarkan berbagai macam alpikasi pembelajaran daring. Google Classroom, Google Meet, Zoom Cloude Meeting, Microsoft Team, WhatsApp Auto, dan yang semisal. Atau untuk penilaian bisa menggunakan Google Form. Pelatihannya pun dapat diikuti secara daring pula. Bahkan diikuti dengan pendampingan sampai bisa. Sehingga tidak ada alasan guru untuk tidak mau belajar.

Media Guru merupakan salah satu wadah yang sangat berkomitmen tinggi untuk meningkatkan kompetensi para guru di seluruh penjuru Indonesia. Webminarpun dihelat secara berkesinambungan. Baik yang gratis maupun yang berbayar. Sebut saja webminar Internet Pendidikan yang digelar sampai beberapakali. Yang diikuti oleh ribuan guru yang haus ilmu. Digelar pula webminar NUADU yang mengusung tema "Solusi Terintegrasi Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh." Karena antusias peserta yang luar biasa, webminar dilaksanakan per area. Area Jawa dan Sumatera, agar semua bisa mendulang ilmu. Webminar di Media Guru tidak berhenti sampai di sini. Webminar berbayar berupa pelatihan menulis juga tersedia. Satu guru satu buku atau yang dikenal dengan Sagusabu terus berlanjut. Kini Sagusabu yang dilaksanakan secara daring dan diikuti pendampingan selama satu bulan, sudah memasuki angkatan empat. Dan angkatan lima akan segera menyusul. Ada juga pelatihan Best Practice, Pelatihan Editor dan Mengubah PTK/PTS menjadi buku. Sungguh Media Guru serupa lautan ilmu. Siapa saja disilahkan menikmatinya.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah bagi para guru untuk berdiskusi, belajar bersama, mencari solusi terbaik. Merefleksi pembelajaran daring yang sudah berlangsung. Untuk kemudian merancang pembelajaran jarak jauh yang akan dilaksanakan, paling tidak satu semester ke depan. Semangatnya adalah semangat belajar bersama dan berbagi.

Di sekolah masing-masing, di masa liburan sekolah ini. Para guru disibukkan mengikuti In House Training (IHT). Selain kegiata mereview kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kegiatan diisi juga dengan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi. Hal ini dikandung maksud agar saat tahun pelajaran dimulai bulan Juli ini, semua sudah siap.

Jadi menguasai teknologi informasi merupakan salah satu kunci sukses pembelajaran daring, di masa pandemi ini. Lalu jika belum menguasai IT apakah guru tidak berani mengajar? Jawabanya tentu saja siapa takut. Yang penting Sang Guru harus selalu siap belajar. Belajar dan belajar terus sambil mengajar. Karena hakikatnya guru adalah pembelajar sejati. Jika guru berhenti belajar maka jiwa gurunya mati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren. Semoga jadi salah satu pemenang.

04 Jul
Balas

Aamiin. Doa yang sama untuk teteh.

04 Jul

Mantapp Bunda...terus dan terus belajar itulah jiwa guru sejati

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih untuk apresiasinya ukhti. Barokallah

04 Jul

Tulisan yg sangat inspiratif. Betul, Bu. Guru harus terus dan terus belajar, meningkatkan kompetensinya. Sukses selalu. Salam kenal. Salam literasi.

04 Jul
Balas

Terimakasih sudah berkenan singgah oak. Salam kenal dan salam literasi jugs

04 Jul

Mantap bu, sukses smg berhasil lolos

04 Jul
Balas

Aamiin. Terimakasih untuk doa tulusnya. Foa yang sama untuk ibu

04 Jul

Jempol bunda..

04 Jul
Balas

Terimakasih jempolnya jeng.

04 Jul

keren markoren bun, semoga menang

05 Jul
Balas

Tatanan kata begitu sistematis, mengajar harus belajar hal yg tak bisa lepas dari srorang gutu kreatif dan inovatif keren bu

04 Jul
Balas

Terimakasih untuk apresiasinya bu. Barokallah

04 Jul

Keren bunda ulasannya

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih untuk apresiasinya jrng. Barokallah

04 Jul

Belajar terus merasa bodoh terus

04 Jul
Balas

Betul bun

04 Jul

Keren

04 Jul
Balas

Alhamdulillah. terimakasih bu. Barokallah

04 Jul

Mantap bu tulisannya..jika guru hanya mengandalkan yg ada maka ia akan tergilas

04 Jul
Balas

Kereen Bun. semoga sukses sebagai pemenang lomba....

04 Jul
Balas

Keren Bu.

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih bu. Barokallah

04 Jul

Keren ulasannya bu

04 Jul
Balas

Mantap jiwa. Luar biasa bunda ulasannya. Semoga menang

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih apresiasinya bu. Aamiin. Doa yang sama untuk ibu sekeluarga. Barokallah

04 Jul

Mantap bunda...slm literasi

04 Jul
Balas

Wow..mantap dan keren, bun

04 Jul
Balas

Terimakasih sudah berkunjung bu. Salam

04 Jul

Terimakasih sudah berkunjung bu. Salam

04 Jul

Keren Bunda..Jd guru jangan prnah berhenti belaJar

04 Jul
Balas

Sepakat say

04 Jul

Mantap Bunda, mau tidak mau kita memang harus selalu meningkat kemampuan diri dalam hal teknologi.

04 Jul
Balas

Sepakat say

04 Jul

Betul bun, salam.literasi

04 Jul
Balas

Salam literasi juga ibu

04 Jul

Betul sekali.meski kadang sulit karena faktor usia dan kesehatan.

04 Jul
Balas

Iya bun, semampunya saja

04 Jul

Keren.. Mantab.. Apakah ini naskah lomba, Bu.. semoga sukses ya Bu..

04 Jul
Balas

Aamiin. Dia yang sama untuk adinda

04 Jul

Tulisan yang begitu bagus. Kalimat yg luar biasa. Sukses terus bu

07 Jul
Balas

Keren ulasannya bucan, salam literasi

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih mbakayu. Salam literasi juga

04 Jul

Tetap semangat Umi cantik. Ulasan hari ini luar biasa. Saya sebagai pembaca jadi tercerahkan. Terima kasih Umi. Barakallah.

04 Jul
Balas

Waiyyaki ukhti.

04 Jul

Mantap Bu.

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih bu

04 Jul

Uraiannya baik sekali,,,salam

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih. Salam juga

04 Jul

Wah, senang dengan semangat belajar ini..smoga bisa mengikuti ..salam

07 Jul
Balas

Mantul nian tulisannya. Top top markotop.

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih kembaranku. Barokallah

04 Jul

Keren sangat ibu cantik. Menginspirasi dan ulasannya mantap.. Sukses selalu ibu. Salam santun.

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih untuk apresiasinya bu. Barokallah. Salam santun juga

04 Jul

Keren bun

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih bu. Barokallah

04 Jul

Keren bun. Luar biasa.

04 Jul
Balas

Ulasan yang mantul bunda,,semoga masuk lgi dlm antologi juli. Aaamiin

04 Jul
Balas

Aamiin, matur tampiasih dinde

04 Jul

Setuju.... Guru hrs sll mau belajar

04 Jul
Balas

Terimakasih ibu syantik

04 Jul

Semoga sukses Bunda.

07 Jul
Balas

keren opini nya buk Erwin

04 Jul
Balas

smg sll sukses ya

04 Jul
Balas

salam literasi n ttp smgt

04 Jul
Balas

Ulasan yang bagus buk, semoga lolos

04 Jul
Balas

Keren Bu....lanjut belajar terus

04 Jul
Balas

Yess....belajar sepanjang hayat Bu.

04 Jul
Balas

Sepakat jeng

04 Jul

Ulasannya sangat bagus dan memotivasi, terimakasih Bunda

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih juga sudah berkenan singgah bu. Barokallah

04 Jul

Luar biasa, keren top markotop bu opini, satu alinea ke alinea berikut pembahasanya nyambung dg bahasa yg lugas enak dibaca sampai tuntas.Semangat semoga terpilih mnjd tulisan yg terbaik.

04 Jul
Balas

Itu guru sejati, Bu. Mudah2an guru di Indonesian terinspirasi oleh tulisan ibu. Salam literasi..

04 Jul
Balas

Aamiin Ya Robbal'alamiin. Terimakasih untuk doa tulusnya pak. Barokallah

04 Jul

Mantap, ibu.. Menguatkan untuk tak lelah tak letih belajar, jazakillah ibuk

04 Jul
Balas

Waiyyaki ukhti

04 Jul

Waiyyaki ukhti. Terimakasih

04 Jul

Setuju bunda,,,,salam literasi

04 Jul
Balas

Salam literasi juga bu

04 Jul

Ulasannya bagus bunda, memotivasi guru tuk belajar sepanjang hayat. Terima kasih

04 Jul
Balas

Alhamdulillah Terimakasih sudah berkenan singgah bu. Barokallah

04 Jul



search

New Post